GAMBARAN UMUM SISTEM INFORMASI
1.
Gambaran Umum Sistem Informasi
Macam-macam Sistem Informasi, antara
lain :
-
Sistem
Reservasi pesawat terbang, digunakan dalam biro perjalanan untuk melayani
pemesanan / pembelian tiket
-
Sistem
untuk menangani penjualan kredit kendaraan bermotor sehingga dapat digunakan
untuk memantau hutang para pelanggan
-
Sistem
POS (Point Of Sale) yang diterapkan pada kebanyakan pasar swalayan dengan
dukungan pembaca barcode untuk mempercepat pemasukan data
-
Sistem
berbasiskan kartu cerdas (smart card) yang dapat digunakan oleh juru medis
untuk mengetahui riwayat penyakit pasien yang datang ke Rumah Sakit karena
didalam kartu tersebut terekam data-data mengenai pasien
-
Sistem
layanan akademis berbasis web yang memungkinkan mahasiswa memperoleh data-data
akademis
2.
Beberapa Kemampuan Sistem Informasi
-
Menyediakan
komunikasi dalam organisasi atau antar organisasi yang murah, akurat dan cepat
-
Menyimpan
informasi dalam jumlah yang sangat besar dalam ruang yang kecil tetapi mudah
diakses
-
Memungkinkan
pengaksesan informasi yang sangat banyak di seluruh dunia dengan cepat dan
murah
-
Meningkatkan
efektivitas dan efisiensi orang-orang yang bekerja dalam kelompok dalam suatu
tempat atau pada beberapa lokasi
-
Pembiayaan
yang jauh lebih murah daripada pengerjaan secara manual
3.
Kemampuan-kemampuan ini mendukung
sasaran bisnis yang mencakup :
-
Peningkatan
produktivitas
-
Pengurangan
biaya
-
Peningkatan
pengambilan keputusan
-
Peningkatan
layanan ke pelanggan
-
Pengembangan
aplikasi-aplikasi strategis yang baru
Jadi Sistem Informasi adalah
Kombinasi antara prosedur kerja, informasi, orang dan teknologi informasi yang
diorganisasikan untuk mencapai tujuan dalam sebuah organisasi
Sistem Informasi Tidak Sama Dengan Sistem Informasi Manajemen
Sistem Informasi Manajemen merupakan
salah satu jenis Sistem Informasi, yang secara khusus ditujukan untuk
menghasilkan informasi bagi pihak manajemen dan untuk pengambil keputusan.
4.
Teknologi Informasi
Teknologi Informasi Tidak Sama Dengan Sistem Informasi
Teknologi Informasi hanyalah bagian
Sistem Informasi
Teknologi Informasi dibagi menjadi 6
kelompok :
1. Teknologi Masukan
2. Teknologi Keluaran
3. Teknologi Perangkat Lunak
4. Teknologi Penyimpan
5. Teknologi Telekomunikasi
6. Mesin Pemroses
5.
Peranan Teknologi Informasi
-
Menggantikan
Peran Manusia
-
Memperkuat
Peran Manusia
-
Melakukan
perubahan-perubahan terhadap sekumpulan tugas atau proses
GAMBARAN UMUM SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
1.
Definis SIM
Sistem Informasi
Manajemen (SIM) adalah Sebuah sistem manusia/mesin yang terpadu (integrated)
untk menyajikan informasi guna mendukung fungsi operasi, manajemen dan
pengambilan keputusan dalam organisasi
· Tujuann SIM adalah supaya organisasi memiliki informasi yang bermanfaat dalam pembuatan
keputusan manajemen, baik menyangkut keputusan-keputusan rutin maupun keputusan-keputusan
yang strategis
Supaya informasi yang dihasilkan oleh
sistem informasi dapat berguna bagi manajemen, maka analis sistem harus
mengetahui kebutuhan-kebutuhan informasi yang dibutuhkannya yaitu dengan
mengetahui kegiatan-kegiatan untuk masing-masing tingkat (level) manajemen dan
tipe keputusan yang diambilnya.
· Beberapa Manfaat SIM
-
Mengolah
transaksi-transaksi, mengurangi biaya dan menghasilkan pendapatan sebagai salah
satu produk atau pelayanan mereka
-
Mengembangkan
proses perencanaan yang efekttif
-
Meningkatkan
aksesibiltas data yang tersaji secara tepat waktu dan akurat bagi para pemakai
-
Bank
menggunakan sistem informasi untuk mengolah cek-cek nasabah dan membuat
berbagai laporan koran dan transaksi yang terjadi
2.
Komponen Pembangun SIM
a.
Hardware
Perangkat yang digunakan untuk melaksanakan kegiatan Input –
Proses – Output
b.
Software
Aplikasi atau program yang digunakan pada hadware, untuk
keperluan dalam sistem informasi manajemen pada sebuah perusahaan
c.
Prosedur / Pedoman
Merupakan aturan dalam menjalankan suatu organisasi. Prosedur
ini memiliki komponen fisik karena prosedur disediakan dalam bentuk fisik,
seperti : Buku Panduan, Buku Manual
d.
Database
Aplikasi khusus yang digunakan untuk mengorganisasikan data
dan informasi pada suatu proses operasi suatu organisasi.
Disebut juga Bank Data, karena memuat seluruh data perusahaan
yang perannya sangat penting bagi kelancaran organisasi.
e.
Model
Gambaran dari kenyataan yag bertujuan untuk mengetahui
kondisi pasar. Semua model didasarkan asumsi yang bersifat konsisten
3.
Manajemen Informasi Sebagai Sumber
Daya Yang Dibutuhkan Perusahaan
·
Kegiatan Bisnis Yang Semakin Kompleks
Semua perusahaan terkena pengaruh ekonomi internasional dan
bersaing dalam pasar internasional, teknologi bisnis menjadi semakin kompleks,
batas waktu untuk bertindak semakin singkat dan terdapat kendala-kendalam
sosial.
-
Pengaruh
Ekonomi Internasional
Dapat terlihat pada nilai relatif mata uang dari setiap
negara.
-
Persaingan
Dunia
Dampak dari persaingan ini terlihat pada impor dari luar
negeri
-
Kompleksitas
Teknologi Yang Meningkat
Perusahaan melakukan investasi pada teknologi supaya dapat
melaksanakan operasi yang diperlukan (Robot-robot pabrik, Barcode Scanners)
-
Batas
Waktu Yang Singkat
Semua tahap operasi bisnis sekarang dilaksanakan secara lebih
cepat. Contoh : E-Commerce
-
Kendala-Kendala
Sosial
Perluasan Pabrik, Produk baru, tempat penjualan baru dan
tindakan-tindakan serupa, semuanya harus dipertimbangkan dampaknya terhadap
lingkungan
·
Meningkatnya Kemampuan Komputer
Sebagai Alat Bantu Dalam Perusahaan
Para pemakai sekarang tidak memandang komputer sebagaI
sesuatu yang istimewa tetapi sebagai bagian peralatan kantor yang dibutuhkan,
seperti halnya : meja, telepon atau mesin photocopy
Ciri –Ciri Kemampuan Komputer :
-
Pengolahan
cepat
-
Tingkat
akurasi tinggi
-
Kapasitas
penyimpanan besar
-
Efektif
untuk ugas yang berulang-ulang
-
Dapat
berfungsi hampir secara terus menerus
-
Teliti
dalam mendeteksi situasi menyimpang
-
Dapat
diperbaiki dan ditingkatkan
Sistem Informasi Manajemen dibeberapa perusahaan besar
setidak-tidaknya memiliki 5 komponen penting meningkatkan kemampuan komputer
sebagai alat bantu dalam perusahaan, yaitu :
A.
Sistem Pemrosesan Data
Melakukan proses update atas berbagai database yang terdapat
dalam perusahaan dan menyajikannya dalam bentuk informasi terkini sebagaimana
yang dibutuhkan oleh manajemen perusahaan
B.
Sistem Pelaporan Manajemen
Mengumpulkan data kemudian diproses untuk menghasilkan
informasi atau laporan yang diperlukan oleh manajer dalam menentukan
perencanaan dan mengambil keputusan.
Beberapa jenis pelaporan manajemen adalah sebagai berikut :
·
Laporan
Detail (Detail Report)
Laporan yang memuat informasi detail dari setiap transaksi
yang dilakukan oleh perusahaan berdasarkan waktunya serta informasi detail
lainnya
·
Laporan
Ringkas (Summary Report)
Laporan ini memuat beberapa informasi penting yang
diperlukan, yaitu manajemen pada level yang lebih tinggi
·
Laporan
Pengecualian (Exception Report)
Laporan yang menyampaikan beberapa penyimpangan atas standar
tertentu yang telah ditetapkan oleh perusahaan
·
Laporan
Atas Permintaan (On Demand Report)
Laporan ini dilaporkan atas dasar permintaan saja.
C.
Sistem Pendukung Dalam Pengambilan
Keputusan
Sistem ini secara terprogram mampu menjawab beberapa kasus
dalam perusahaan yang menyangkut jawaban atas pertanyaan.
Tujuan dari Decision Support System antara lain :
-
Membantu
manajer membuat keputusan untuk memecahkan masalah
-
Mendukung
penilaian manajer bukan mencoba menggantikannya
-
Meningkatkan
efektifitas pengambilan keputusan seorang manajer dari pada efisiensinya
SIM digambarkan sebagai sebuah bangunan piramida dimana
lapisan dasarnya terdiri dari informasi untuk pengolahan transaksi, penjelasan
status. Lapisan berikutnya terdiri dari sumber-sumber informasi dalam mendukung
operasi manajemen sehari-hari, lapisan ketiga terdiri dari sumber daya sistem
informasi untuk membantu perencanaan taktis dan pengambilan keputusan untuk
pengendalian manajemen, dan lapisan puncak terdiri dari sumberdaya informasi
untuk mendukung perencanaan dan perumusan kebijakan tingkat puncak manajemen
SIM utk
Perenc
strategis dan kebij serta peng. kep
|
No comments:
Post a Comment